Kamis, 05 April 2012

TOR; MANAGEMENT TRAINING OF ZAKAT

BADAN AMIL ZAKAT (BAZ)
TAMAN ISKANDAR MUDA JAKARTA
Jl. Setiabudi Barat No. 01, Jakarta 12920
Telp. 021-5254624; Fax. 021-5264165
E-Mail: baztim@gmail.com
http://www.kanazakat.blogspot.com
Sharing and Empowering the Needy

TERM OF REFERENCE [TOR]
PERLATIHAN PENGURUS UNIT PENGELOLAAN ZAKAT (UPZ) TAMAN ISKANDAR MUDA (TIM) SE-JABODETABEK, BANTEN DAN KARAWANG [GELOMBANG KE-2]
TAHUN 1433 H/ 2012 M

A. Pendahuluan

Management Training atau perlatihan pengurus Unit Pengelolaan Zakat (UPZ) merupakan salah satu program Badan Amil Zakat (BAZ) Taman Iskandar Muda (TIM Pusat Jakarta yang sudah menjadi komitmen bersama untuk memajukan dan menata ulang sistem pengelolaan zakat secara profesional dan akuntabilitas di lingkungan organisasi Taman Iskandar Muda, baik tingkat pusat maupun tingkat cabang dan ranting, Perlatihan manajemen zakat tahun ini merupakan gelombang ke-2, sebagai kelanjutan perlatihan tahun 2011 yang lalu. Selain itu, perlatihan juga diadakan di cabang-cabang TIM pada setiap kesempatan pelantikan Pengurus UPZ baru, sehingga dirasakan manfaat yang signifikan oleh para Pengurus UPZ tersebut. Bahkan sudah separoh Pengurus TIM Cabang sudah membentuk UPZ di cabang masing-masing. Oleh sebab itu, banyak saran yang diajukan kepada pengurus BAZ-TIM Pusat agar perlatihan tersebut diadakan kembali secara terpadu dan terkonsentrasi pada satu tempat agar lebih efisien dan efektif.

Menyambut dan merespon saran tersebut, maka Pengurus BAZ-TIM Pusat Jakarta merencanakan untuk mengadakan perlatihan pengurus UPZ TIM (gelombang ke-2) tingkat cabang secara serentak di suatu tempat yang nyaman dan kondusif agar informasi dan pesan yang disampaikan dapat terserap secara optimal. Hal ini perlu dilaksanakan segera dengan alasan-alasan: Pertama, bulan Ramadhan sudah di ambang pintu; dan biasanya di bulan Ramadhan pesan-pesan zakat dapat disampaikan kepada para muzakki dalam berbagai forum pengajian, dan dalam bulan itu pula kebanyakan muzakki menunaikan zakat harta mereka. Kedua, setiap pengurus UPZ TIM Cabang dapat memberikan penyuluhan dan informasi tentang kewajiban zakat secara akurat berdasarkan dalil-dalill syara’ kepada para calon muzakki sehingga tergugah dan tergerak hati mereka untuk menunaikan kewajiban zakat. Ketiga, pengetahuan dan pengalaman para pengurus UPZ di tingkat cabang umumnya masih terbatas sehingga mereka perlu diberikan pencerahan dan pembekalan agar dapat mengelola zakat secara profesional, amanah, dan penuh tanggung jawab. Keempat, para pengurus UPZ di TIM Cabang dapat menjalankan tugas-tugas mereka dengan baik sesuai dengan bidang masing-masing. Dalam kaitan ini, kepada mereka disajikan materi-materi yang lebih terfokus pada aspek praktis dan aplikatif. Kelima, proses transformasi nilai-nilai kepemimpinan (leadership) khususnya dalam pengelolaan zakat, terus berlangsung dan berkelanjutan sehingga terjadi proses kaderisasi pengurus UPZ untuk masa yang akan datang.

B. Tema Sentral

Meningkatkan Kinerja Pengurus UPZ: Menuju Sistem Pengelolaan Zakat yang Profesional, Efektif dan Berwawasan Entrepreneurship

C. Visi dan Misi

 Visi

Mewujudkan pengurus Unit Pengelolaan Zakat (UPZ) yang profesional, amanah dan bertanggung jawab dengan manajemen zakat yang handal dan efektif.

 Misi

1. Melakukan transformasi ilmu dan pengalaman dalam menata dan menjalankan manajemen zakat yang handal dan efektif.
2. Menyampaikan informasi dan wawasan syar’i tentang kewajiban zakat, muzakki, dan para mustahiq zakat berdasarkan al-Qur’an dan Sunnah.
3. Memotivasi dan membekali para pengurus UPZ TIM Cabang dengan pengetahuan dan keahlian agar dapat meningkatkan semangat kerja dalam mengelola zakat.
4. Memberikan pengetahuan praktis kepada para Pengurus UPZ Cabang agar mereka dapat mendayagunakan dana zakat secara efektif, produktif, dan sustainable.

D. Materi dan Instruktur

Untuk mencapai maksud tersebut, materi perlatihan dikemas sedemikian rupa dengan bahasa dan penyampaian yang komunikatif, interaktif, dan aplikatif. Adapun materi yang akan disuguhkan dalam perlatihan adalah:

1. Optimalisasi Potensi Zakat: Kajian tentang Kewajiban dan Hukuman Bagi Pengingkar Zakat, Kaidah Penghitungan, Metode Distribusi, dan Fungsi Zakat Menurut al-Qur’an dan Hadits
Instruktur: Drs. H. A. Mufakhir Muhammad, MA

2. Manajemen Kinerja: Menumbuhkan Etos Kerja, Tanggung Jawab Sosial, dan Independensi dalam Sistem Pengelolaan Zakat
Instruktur: DR. H. Hasan Basri al-Mardawy, MA
3. Pemberdayaan Mustahiq dan Pendayagunaan Dana Zakat: Perspektif Entrepreneurship dan Human Resources
Instruktur: T. Syahrul Reza, SE, MM

E. Penyelenggara
Perlatihan ini diselenggarakan oleh Badan Amil Zakat (BAZ) Taman Iskandar Muda (TIM) Pusat Jakarta, dengan memberikan mandat kepada Panitia Pelaksana.

F. Jumlah Peserta

Acara perlatihan ini diikuti oleh 40 TIM Cabang, dengan jumlah peserta diperkirakan mencapai 255 orang dengan perincian sebagai berikut:

1. Pengurus UPZ Cabang ( 3 X 40) : 120 orang
2. Pengurus TIM Cabang ( 3 X 40) : 120 orang .
3. Pimpinan Pusat TIM Jakarta : 5 orang
4. Pengurus BAZ TIM Pusat : 5 orang.
5. Panitia Pelaksana : 5 orang

Total Peserta : 255 orang

G. Lokasi

Gedung Kementerian Sosial RI, Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kesos, Radio Dalam, Jakarta Selatan. Jl. Margaguna Raya No. 1, Radio Dalam, Jakarta Selatan.


H. Jadwal Pelaksanaan
Perlatihan akan diselenggarakan pada hari Ahad, tanggal 20 Mei 2012

I. Penutup
Demikianlah TOR ini dibuat dengan harapan semoga rencana baik ini dapat terlaksana dengan sukses dan tepat waktu serta mendapat dukungan dari Pimpinan Pusat Taman Iskandar Muda pada khususnya dan masyarakat Aceh pada umumnya. Akhrinya, kepada Allah kita bertawakkal dan mudah-mudahan hasil ketrja kita semua menjadi investasi pahala di Akhirat nanti. Amin ya Rabbal ‘Alamin…!

Jakarta, 04 April 2012
Pengurus BAZ-TIM Jakarta
Koordinator Panitia,
Hasan Basri al-Mardawy






















@HB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar