Rabu, 20 Juli 2011

TERM OF REFERENCE [TOR] BAZ-TIM

BADAN AMIL ZAKAT (BAZ)
TAMAN ISKANDAR MUDA JAKARTA
Jl. Setiabudi Barat No. 01, Jakarta 12920
Telp. 021-5254624; Fax. 021-5264165
E-Mail: baztim@gmail.com
http://www.kanazakat.blogspot.com
Sharing and Empowering the Needy

TERM OF REFERENCE [TOR]
PERLATIHAN PENGURUS UNIT PENGELOLAAN ZAKAT (UPZ) TAMAN ISKANDAR MUDA (TIM) SE-JABODETABEK, BANTEN DAN KARAWANG
1432 H/ TAHUN 2011 M

A. Pendahuluan

Training atau perlatihan pengurus Unit Pengelolaan Zakat (UPZ) merupakan salah satu program Badan Amil Zakat (BAZ) Taman Iskandar Muda (TIM Pusat Jakarta yang sudah menjadi komitmen bersama untuk memajukan dan menata ulang sistem pengelolaan zakat secara profesional dan akuntabilitas di lingkungan organisasi Taman Iskandar Muda, baik tingkat pusat maupun tingkat cabang dan ranting, Upaya ini pemberdayaan dan pembekalan para pengurus UPZ di tingkat cabang sudah dilakukan dalam dua tahun terakhir secara terpisah dan tidak simultan, sehingga sistem training yang sudah berjalan tersebut belum merata ke seluruh pengurus di setiap TIM Cabang. Oleh sebab itu, banyak saran yang diajukan kepada pengurus BAZ-TIM Pusat agar perlatihan tersebut diadakan secara terpadu dan terkonsentrasi pada satu tempat agar lebih efisien dan efektif.

Menyambut dan merespons saran tersebut, maka Pengurus BAZ-TIM Pusat Jakarta merencanakan untuk mengadakan perlatihan pengurus UPZ TIM tingkat cabang secara serentak di suatu tempat yang nyaman dan kondusif agar informasi dan pesan yang disampaikan dapat terserap secara optimal. Hal ini perlu dilaksanakan segera dengan alsan-alasan: Pertama, bulan Ramadhan sudah di ambang pintu; dan biasanya di bulana Ramadhan pesan-pesan zakat dapat disampaikan kepada para muzakki dalam berbagai forum pengajian, dan dalam bulan itu pula kebanyakan muzakki menunaikan zakat harta mereka. Kedua, setiap pengurus UPZ TIM Cabang dapat memberikan penyuluhan dan informasi tentang kewajiban zakat secara akurat berdasarkan dalil-dalill syara’ kepada para calon muzakki sehingga tergugah dan tergerak hati mereka untuk menunaikan kewajiban zakat. Ketiga, pengetahuan dan pengalaman para pengurus UPZ di tingkat cabang umumnya masih terbatas sehingga mereka perlu diberikan pencerahan dan pembekalan agar dapat mengelola zakat secara profesional, amanah, dan penuh tanggung jawab. Keempat, para pengurus UPZ di TIM Cabang dapat menjalankan tugas-tugas mereka dengan baik sesuai dengan bidang masing-masing. Dalam kaitan ini, kepada mereka disajikan materi-materi yang lebih terfokus pada aspek praktis dan aplikatif. Kelima, proses transformasi nilai-nilai kepemimpinan khususnya dalam pengelolaan zakat, terus berlangsung dan berkelanjutan sehingga terjadi proses kaderisasi pengurus UPZ untuk masa yang akan datang.

B. Tema Sentral

“Pembekalan dan Penguatan Manajemen Zakat: Upaya Menyemangati dan Meningkatkan Kualitas Pengelolaan Zakat Menuju Terciptanya Sistem Kerja yang Profesional, Kredibel, dan Akuntabel.”

C. Visi dan Misi

 Visi

Mewujudkan pengurus Unit Pengelolaan Zakat (UPZ) yang profesional, amanah dan bertanggung jawab dengan manajemen zakat yang handal dan efektif.

 Misi

1. Melakukan transformasi ilmu dan pengalaman dalam menata dan menjalankan manajemen zakat yang handal dan efektif.
2. Menyampaikan informasi dan wawasan syar’i tentang kewajiban zakat, muzakki, dan para mustahiq zakat berdasarkan al-Qur’an dan Sunnah.
3. Memotivasi dan membekali para pengurus UPZ TIM Cabang dengan pengetahuan dan keahlian agar dapat meningkatkan semangat kerja dalam mengelola zakat.

D. Materi dan Instruktur

Untuk mencapai maksud tersebut, materi perlatihan dikemas sedemikian rupa dengan bahasa dan penyampaian yang komunikatif, interaktif, dan aplikatif. Adapun materi yang akan disuguhkan dalam perlatihan adalah:

1. Wawasan Ekonomi Islam: Pemberdayaan Zakat Produktif dalam Peningkatan Ekonomi Umat
Instruktur: DR. Zaki Fuad Chalil, MA

2. Hukum Zakat dan Sistem Pendistribusiannya dalam Perspektif al-Qur’an dan Sunnah
Instruktur: Drs. H. A. Mufakhir Muhammad, MA

3. Manajemen Zakat: Perspektif Sejarah, Perkembangan dan Aplikasinya pada Masa Kini
Instruktur: DR. H. Hasam Basri al-Mardawy, MA

E. Penyelenggara

Perlatihan ini diselenggarakan oleh Badan Amil Zakat (BAZ) Taman Iskandar Muda (TIM) Pusat Jakarta, dengan memberikan mandat kepada Panitia Pelaksana.

F. Jumlah Peserta

Acara perlatihan ini diikuti oleh 36 TIM Cabang, dengan jumlah peserta diperkirakan mencapai 195 orang dengan perincian sebagai berikut:

1. Pengurus UPZ Cabang ( 3 X 36 ) : 108 orang
2. Pengurus Tim Cabang, ( 2 X 36) : 72 orang .
3. Pimpinan Pusat TIM Jakarta : 5 orang
4. Pengurus BAZ TIM Pusat : 5 orang.
5. Panitia Pelaksana : 3 orang

Total Peserta : 193 orang

G. Lokasi

Gedung Kementerian Sosial, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kesos, Radio Dalam, Jakarta Selatan.

H. Jadwal Pelaksanaan

Perlatihan akan diselenggarakan pada hari Sabtu dan Ahad, tanggal 23-24 Juli 2011
1. Tanggal 23 Juli check-in peserta dan pembukaan.
2. Tanggal 24 Juli acera perlatihan manajemen zakat.

I. Penutup

Demikianlah proposal ini dibuat dengan harapan semoga rencana baik ini dapat terlaksana dengan sukses dan tepat waktu serta mendapat dukungan dari Pimpinan Pusat Taman Iskandar Muda pada khususnya dan masyarakat Aceh pada umumnya. Akhrinya, kepada Allah kita bertawakkal dan mudah-mudahan hasil ketrja kita semua menjadi investasi pahala di Akhirat nanti. Amin ya Rabbal ‘Alamin…!

Jakarta, 01 Juni 2011
Pengurus BAZ-TIM Pusat Jakarta
Wakil Ketua
Hasan Basri al-Mardawy





























@HB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar