Selasa, 05 Oktober 2010

PROFIL BAZ TIM

BADAN AMIL ZAKAT (BAZ) Taman Iskandar Muda (TIM) disingkat dengan BAZ-TIM adalah sebuah badan yang bergerak di bidang pengumpulan, pendataan, pengelolaan, pendistribusian, dan pendayagunaan zakat mal, profesi, emas dan perak, jasa, dan sebagainya untuk pemberdayaan ekonomi umat menuju masa depan yang gemilang. BAZ-TIM sudah berdiri sejak tahun 1414 Hijriah dalam wadah Taman Iskandar Muda Jakarta; dan telah berperan aktif dalam menyantuni fakir-miskin, mahasiswa di perantauan, ibnu sabil, fi sabilillah, gharimin, dan para mu`allaf. Sejak tahun 2008 BAZ-TIM telah dilakukan reformasi manajemen menuju keunggulan dan profesionalitas. Dalam dua tahun terakhir di beberapa Cabang TIm telah dibentuk pula Unit Pengelolaan Zakat (UPZ); dan sekarang sudah esis delapan UPZ; dan diharapkan tahun depan akan terbentuk UPZ di setiap cabang TIM di wilayah JABODETABEK. Semoga keneradaan BAZ TIM berikut UPZ dapat memberikan kontribusi signifikan dalam menopang perekonomian umat; dan sekaligus ikut serta meringankan beban ekonomi kaum dhu'afa' di tengah badai krisis ekonomi. Amin!

2 komentar:

  1. Bagi Kaum Muslimin dan Muslimat yang berkeinginan menunaikan zakat mal, profesi, jasa, zakat emas dan perak, silahkan mentransfer ke nomor rekening BAZ TIM Jakarta sebagai berikut:

    No. Rekening: 4467222
    BNI KLN Depdiknas
    Jakarta

    BalasHapus
  2. Pembayaran zakat dapat dilakukan:

    1. Setiap akhir tahun bagi penguasaha/pedagang/zakat emas dan perak (nishab zakat sebesar 2,5 %)
    2. Setiap bulan bagi yang menerima gaji (nishab zakat 2,5 %).
    3. Jangan menunda-nunda pembayaran zakat; tunaikanlah zakat segera agar harta yang kita gunakan menjadi bersih dan halal.
    4. Amat besar kemurkaan Allah terhadap orang yang sudah mampu berzakat tetapi tidak mau menunaikan zakatnya.
    5. Harta yang tidak dizakatkan akan menjadi bara api neraka di Akhirat nanti, yang akan membakar pengumpul harta itu sendiri.

    BalasHapus